DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN @UnESa-GAIn TERHADAP KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 23 BANJARMASIN
PENGARANG:HEDIYANTI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-14


PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN @UnESa-GAInTERHADAP KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK  PADA MATERI  EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI  23 BANJARMASIN(Oleh : Hediyanti Rahayu; Pembimbing : Arif Sholahuddin, Rizky Febriyani Putri; halaman 1-98)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran @UnESa-GAIn terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik. Berbagai penelitian menghasilkan bahwa kemampuan awal peserta didik  sangat mempengaruhi pada proses belajar dan juga perolehan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen jenis non-equivalent control group desain terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ekspositori dan kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn. Hasil dari penelitian ini diperoleh melalui beberapa tes yaitu tes gaya kognitif, Pre-Test dan Post-Test, dan tes keberlanjutan. Hasil dari tes tersebut diuji menggunakan uji prasyarat analisis (normalitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan SPSS Versi 23. Hasil perhitungan yang diperoleh menyatakan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai signifikan > 0,05 yaitu 0,20; data homogen dengan nilai signifikan >0,05 yaitu Pre-Test dan Post-Test kelas kontrol 0,067; Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen 0,267; Pre-Test kelas kontrol dan kelas eksperimen 0,795 dan Post-Test kelas kontrol dan kelas eksperimen 0,975. Uji hipotesis membuktikan bahwa adanya perbedaan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan  thitung < maka H0 ditolak Ha diterima berdasarkan perhitungan nilai Pre-Test dan Post-Test kelas kontrol (t = -6,517; sig =0,000), Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen (t=-9,012; sig=0,000), Pre-Test kelas kontrol dan kelas eksperimen (t=-3,420; sig 0,001), dan Post-Test kelas kontrol dan kelas eksperimen (t=-8,874; 0,000).

 

Kata kunci: Penerapan Strategi Pembelajaran @UnESa-GAIn,  Keberlanjutan, Penguasaan Konsep

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI