DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBELAJARAN @UnESa-GAIn UNTUK MELATIHKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 21 BANJARMASIN
PENGARANG:HENNISA NORJANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-14


Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan strategi pembelajaran @UnESa-GAIn pada pembelajaran IPA untuk melatihkan pengetahuan dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pengetahuan dan keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan strategi @UnESa-GAIn dan strategi ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian pre-test post-test nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampe cluster random sampling. Hasil pengetahuan dilihat dari tes, sementara untuk hasil keterampilan proses sains peserta didik dilihat melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji-t untuk menganalisis perbedaan hasil pengetahuan dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pengetahuan dan keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Perolehan rata-rata skor post-test pengetahuan kelas eksperimen adalah 70,86 dan kelas kontrol adalah 62,69. Sementara hasil tes keterampilan proses sains kelas eksperimen adalah 77,32 dan kelas kontrol adalah 60,75.

Kata Kunci: Pengetahuan, Keterampilan Proses Sains, @UnESa-GAIn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI