DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM REVITALISASI EKONOMI LAHAN GAMBUT DI DESA KABUAU DAN DESA JAMBU KECAMATAN KURIPAN KABUPATEN BARITO KUALA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Marliana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-14


 

INTISARI

Partisipasi masyarakat adalah faktor penentu keberhasilan suatu program pembangunan. Masyarakat menjadi objek utama pemerintah untuk melaksanakan program pembangunan  salah satunya program revitalisasi ekonomi dilahan gambut. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai partisipasi masyarakat terhadap program revitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam program revitalisasi ekonomi lahan gambut di Desa Kabuau dan Desa Jambu Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah masyarakat yang mengikuti program revitalisasi ekonomi. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

               Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu partisipasi masyarakat dalam tahapan program revitalisasi sudah cukup baik, tahapan perencanaan dan pelaksanaan program revitalisasi ekonomi lahan gambut masyarakat selalu dilibatkan, namun pada tahap evaluasi ditemukan bahwa  program revitalisasi di Desa Kabuau dan Desa Jambu Kecamatan Kuripan dapat dikatakan mengalami kegagalan dikarenakan hasil program revitalisasi tidak sesuai dengan perencanaan program, tahapan pemanfaatan hasil masyarakat juga dilibatkan dalam menikmati hasil program.

 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat dan Tahapan Partisispasi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI