DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:YOHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-15


Kemajuan suatu bangsa salah satunya ditentukan oleh kemampuan aparatur birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu sebagai pelayan publik kepada masyarakat secara professional dan akuntabel. Apabila publik dapat terlayani dengan baik oleh aparatur birokrasi, maka dengan sendirinya aparatur birokrasi mampu menempatkan posisi dan kedudukannya yaitu sebagai civil servant  atau public servise. Kondisi ini akan berdampak pada kinerja dari aparatur birokrasi yang sesuai dengan harapan dari masyarakat, pada akhirnya akan menimbulkan trust kepada aparatur birokrasi tersebut. Hal inilah yang akan menjadikan negara yang maju dalam pelayanan kepada publik dan melahirkan birokrasi yang bersih, akuntabel dan transparan. Komitmen Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel dan transparan membutuhkan tuntutan kinerja yang tingi. Peran seorang pemimpin organisasi dan komitmen kerja merupakan sesuatu yang penting bagi sebuah organisasi.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisa SmartPLS dengan menggunakan bantuan program komputer paket SmartPLS dengan taraf signifikansi 5 persen dengan menggunakan kuisioner sebagai data primer. Populasi pada penelitian ini pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya sebanyak 192 orang dengan sampel sejumlah sama sebanyak 192 responden yang menggunakan Teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, hal ini berarti bahwa peningkatan gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen kerja akan meningkatkan kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya.

            Untuk mempertahankan kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya dapat dilakukan dengan cara menggunakan gaya kepemimpinan transformasional dan mengelola komitmen kerja. Penting untuk mengambil tindakan-tindakan yang mampu meningkatkan komitmen kerja dan kinerja pegawai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI