DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA PESTISIDA NABATI TERHADAP HAMA WERENG COKLAT (Nilaparvata lugens) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)
PENGARANG:HENDRA NOR ABADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-15


ABSTRAK

Salah satu hama utama padi adalah wereng coklat (Nilaparvata lugens) yang bukan hanya merusak tanaman, melainkan juga sebagai vektor virus penyakit sehingga padi gagal panen dan produktivitasnya rendah.pengendalian secara konvensional yang masih dilakukan yaitu menggunakan insektisida kimia dengan frekuensi penyemprotan yang tinggi.  Oleh sebab itu perlu dicari alternatif pestisida untuk mensubtitusi pestisida kimia tersebut. Salah satunya adalah penggunaan senyawa kimia alami yang berasal dari tanaman yang dikenal dengan nama Pestisida Nabati.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari beberapa pestisida nabati seperti tumbuhan kemangi, tembelekan dan beluntas terhadap hama wereng coklat pada tanaman padi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan masing- masing diulang sebanyak 4 kali.

Mortalitas wereng coklat pada hari ke-6 dapat dilihat bahwa perlakuan Lamda sihalotrin memberikan kematian yang lebih tinggi 20 % kemudian disusul dengan konsentrasi ekstrak daun beluntas 8 %, tembelekan 6,75 % dan kemangi 5,5 %.

Hasil penelitian menunjukkan  pemberian pestisida nabati dari beluntas, kemangi, tembelekan dan kimia menggunakan Lamda sihalotrin (pembanding) berbeda nyata dengan kontrol.

Kata kunci : wereng coklat, kemangi, beluntas, tembelekan, lamda sihalotrin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI