DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA BANJARMASIN PADA MATA PELAJARAN IPA
PENGARANG:NIDA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-15


ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA BANJARMASIN PADA MATA PELAJARAN IPA (Oleh: Nida Wati; pembimbing: Yudha Irhasyuarna, Mella Mutika Sari; 2019; 70 halaman)

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains sekolah menengah pertama negeri di Kota Banjarmasin. Metode penelitian adalah metode survei. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IX SMP Negeri di Kota Banjarmasin. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 6 sekolah dari 35 sekolah. Sekolah tersebut yaitu SMPN 24 Banjarmasin, SMPN 9 Banjarmasin, SMPN 8 Banjarmasin, SMPN 26 Banjarmasin, SMPN 15 Banjarmasin, dan SMPN 34 Banjarmasin. Teknik penggumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini didapatkan kemampuan literasi sains SMPN di Kota Banjarmasin yaitu sebesar 41. Berdasarkan persentase peserta didik pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah yaitu sebesar 44%, kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah yaitu sebesar 48%, dan kompetensi menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah yaitu sebesar 31%. Dengan demikian, hasil tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik tergolong masih sangat rendah.

 

Kata kunci: literasi sains, mata pelajaran  ipa, smpn kota banjarmasin 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI