DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG RISIKO TINGGI KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS CEMPAKA BANJARBARU
PENGARANG:ELMA RAHMATIA RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-15


ABSTRAK

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG RISIKO TINGGI KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS CEMPAKA BANJARBARU

 

Rahman, Elma Rahmatia

Latar Belakang : Tingginya AKI disebabkan rendahnya pengetahuan ibu tentang risiko tinggi kehamilan oleh sejumlah ibu hamil belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman yang memyebabkan tidakpatuhan dalam pemeriksaan antenatal care. Hal ini cenderung menyulitkan tenaga kesehatan dalam melakukan pembinaan dan pemeliharaan kesehatan secara menyeluruh termasuk risiko tinggi kehamilan.

Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan tentang risiko tinggi kehamilan dengan kepatuhan antenatal care.

Metode : Penelitian ini bersifat kolerasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 64. Pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling sebanyak 55 responden. Data dianalisis dengan menggunakan uji Spearman. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner dan buku KIA.

Hasil : Terdapat hubungan antara pengetahuan tentang risiko tinggi kehamilan dengan kepatuhan antenatal care di puskesmas Cempaka Banjarbaru (p-Value=0,013, dan α = 0,05).

 Diskusi : Pengetahuan memiliki hubungan dalam kepatuhan antenatal care pada ibu hamil. Pemberian informasi dapat disarankan agar kepatuhan Antenatal Care ibu hamil semakin meningkat.

Kata Kunci : Antenatal Care, Pengetahuan dan Kepatuhan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI