DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RANCANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:MUHAMMAD WILDAN FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-16


ABSTRAK

MUHAMMAD WILDAN FIRDAUS. NIM. A1D115058  “ Rancangan Media  Audio Visual Dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar “. Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2019.  Pembimbing (I). Dr. Tri  Irianto, M.Kes     (II) Dr. Rahmadi, M.Pd

  Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui isi langkah-langkah Persiapan Tertulis ( RPP ) dengan menggunakan media audio visual pada peserta didik Sekolah Dasar  se-Kota Banjarbaru.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data dengan teknik survey dan dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah  Sekolah Dasar Negeri maupun Swasta se-Kota Banjarbaru dengan jumlah Sekolah Dasar Negeri 87 Sekolah Dasar, sedangkan Sekolah Dasar Swasta 20  Sekolah Dasar, jadi untuk total keseluruhan berjumlah 87 Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah 15 Sekolah Dasar se-Kota Banjarbaru. Sampel yang diambil di setiap kecamatan berjumlah 3 sekolah, karena Kota Banjarbaru terdapat 5 kecamatan, maka apabila ditotalkan berjumlah 15 sekolah sampel. Objek data sampel yang diambil adalah RPP Guru Pendidikan Jasmani di masing-masing sekolah yang bersangkutan. Pengambilan sampel diambil berdasarkan Akreditasi Sekolah, dengan menggunakan Pengambilan Sampel Acak Sistematis ( Systematic Random Sampling).

Hasil penelitian diperoleh tingkat kesesuaian media pembelajaran audio visual dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada 1 Sekolah Dasar yang dijadikan objek penelitian  memperoleh persentasi sebesar 37,5 %atau hanya3 kriteriayang sesuai. Sedangkan 5 kriteria diantaranya tidak sesuai atau memperoleh persentasi sebesar 62,5%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kesesuaian media pembelajaran audio visual dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Dasar Negeri 4 Syamsudin Noor masuk pada kategori Kurang (K).

 

Kata Kunci : Rancangan    Media  Audio Visual,   Pembelajaran   PJOK,  di Sekolah

                        Dasar.

 

 

 

ABSTRACT

 

MUHAMMAD WILDAN FIRDAUS. NIM. A1D115058 AudioVisual Design in PJOK Learning  in Primary Schools ". Essay. Department of Sports and Health Education (JPOK). Teacher Training and Education Faculty (FKIP) of Lambung Mangkurat University (ULM) Banjarbaru 2019. Advisor (I). Dr. Tri Irianto, M.Kes (II) Dr. Rahmadi, M.Pd

 

            The purpose of this study is to find out the contents of the steps in Written Preparation (RPP) using a audio visual media in elementary school students throughout the city of Banjarbaru.

            The research method used in this study is a quantitative method with data collection techniques with survey techniques and documentation.

            He population in this study were Public and Private Elementary Schools throughout Banjarbaru City with the number of Public Elementary Schools 87 Elementary Schools, while Private Primary Schools were 20 Elementary Schools, so for a total of 87 Primary Schools in the entire Banjarbaru City. The sample of the study was 15 elementary schools throughout the city of Banjarbaru. Samples taken in each sub-district numbered 3 schools, because Banjarbaru City has 5 sub-districts, so if there are a total of 15 sample schools. The object data sample taken is RPP Physical Education Teachers in each school concerned. Sampling is taken based on School Accreditation, using (Systematic Random Sampling).

           The results obtained by the level of conformity of Audio Visual medias in the Learning Implementation Plan (RPP) in 1 Elementary Schools which were used as the object of the research both obtained a percentage of 37.5% or only 3 criteria accordingly. While the 5 criteria are not suitable or get a percentage of 62.5%.

            The conclusion of this study is the level of suitability of the Audio Visual modia in the Learning Implementation Plan (RPP) in the  4th Public Elementary School Syamsudin Noor are  in the Less (K) category.

 

Keywords: Audui Visual Design,   PJOK  Learning,     in      Elementary    School.  

                   

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI