DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN
PENGARANG:M. RAFI I HAMDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-16


PENGEMBANGAN LEMBARKERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN  

(Oleh : M. Rafi’i Hamdi; Pembimbing: Hj. Sri Amintarti,Aulia Ajizah; 2019; 70 halaman)

 

ABSTRAK

Peningkatan mutu pendidikan belum menunjukkan tingkatan yang memuaskan. Salah satu upaya untuk ditingkatkan berupa keterampilan berpikir kritis melalui sains melalui pembelajaran biologi. Materi perubahan lingkungan dalam pembelajaran biologi yang sebagian besar masih bersifat konseptual sehingga dilakukan pengembangan salah satu perangkat pembelajaran yaitu Lembar Kerja Peserta Didik yang berbasis pada keterampilan berpikir kritis . Penelitian pengembangan bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD. Jenis penelitian diadaptasi dari desain Tessmer, melalui tahapan evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Subjek penelitian pendapat pakar meliputi 2 ahli dan 1 praktisi. Subjek kepraktisan isi 3 orang peserta didik kelas X MIA 1. Subjek kepraktisan dan keefektifan harapan 6 orang peserta didik kelas X MIA 1. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh validitas dan kepraktisan isi menggunakan teknik rerata. Teknik pengumpulan data kepraktisan harapan menggunakan lembar instrumen berupa angket. Teknik pengumpulan data keefektifan harapan menggunakan lembar instrumen berupa lembar penilaian keterampilan berpikir kritis. Teknis analisis data validitas dan kepraktisan isi semua aspek ditetapkan dengan skor capaian akhir 4 (sangat valid),  kepraktisan harapan yang dinyatakan dengan % dan keefektifan harapan yang diperoleh dari penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: LKPD keseluruhan valid (3,61 – 3,70), dengan kategori baik pada kepraktisan isi (3,76 – 3,95), kategori sangat baik pada kepraktisan harapan  (95,83 – 97,92%.) dan keefektifan harapan berdasarkan hasil penilaian dari sub keterampilan berpikir kritis yaitu kategori sangat baik pada interpretasi (87,69%), evaluasi (90,79%), inferensi (89,92%), dan pengaturan diri (93,98) serta kategori baik pada analisis (77,56) dan eksplanasi (79,18)

 

Kata kunci:   pengembanganlembar kerja peserta didik, valid, praktis, efektif, perubahan lingkungan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI