DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDINTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NAZLA AMELAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-17


ABSTRAK

 

NAZLA AMELAH. A1F115055. 2019 “Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin.” Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Dr. Ali Rachman, M.Pd dan Pembimbing II : Mirnawati, M.Pd

 

Kata Kunci :identifikasi, anak berkebutuhan khusus

 

SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin ialah sekolah reguler yang belum melaksanakan pendidikan inklusif akan tetapi sekolah tersebut sudah lama menerima anak berkebutuhan khusus yang dilihat dari fisiknya saja padahal anak berkebutuhan khusus banyak jenisnya, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus permanen.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Setting penelitian dilakukan di SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin. Penelitian dilakukan dari kelas 1 s/d kelas 6 dan subjek dalam penelitian ialah seluruh peserta didik di sekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian data melalui tabel dan perhitungan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 (7,13%) anak berkebutuhan khusus dari jumlah siswa 287. Jenis anak berkebutuhan khusus yang didapat yaitu  anak lamban belajar 16 orang (76,19%), tunadaksa 2 orang (9,52 %), ADHD 2 orang (9,52 %) dan tunalaras 1 orang (4,76%). Jadi di sekolah SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin terdapat anak berkebutuhan khusus, diharapkan sekolah melakukan identifikasi lebih awal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI