DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN SUBKONSEP PTERIDOPHYTA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:M. GOJALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-18


PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN SUBKONSEP PTERIDOPHYTA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 BANJARMASIN(Oleh: M. Gojali; Pembimbing: Noorhidayati, Maulana Khalid Riefani; 2019; 114 Halaman)

 

 

ABSTRAK

 

 

Handout digunakan untuk memudahkan siswa mengikuti proses pembelajaran, melengkapi kekurangan materi, dan dapat memotivasi siswa lebih giat belajar.Pengembangan handout berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan  analisis sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengembangan handout pembelajaran Biologi SMA kelas X berbasis inkuiri terbimbing pada subkonsep Pteridophyta yang valid dan praktis. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan menurut Robert Maribe Branch yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Dalam penelitian yang dilakukan hanya sampai tahapan Development dengan uji one to one, small group, dan field trial. Hasil penelitian adalah (1) Pengembangan handout pembelajaran sampai dihasilkannya produk akhir (2) Handout yang dikembangkan dari penilaian ahli tergolong sangat valid dengan skor 93,24%, dan hasil uji keterbacaan  siswa tergolong valid sampai sangat valid, serta terdapat saran perbaikan sebelum digunakan. (3) Handout yang dikembangkan tergolong praktis, berdasarkan: respon guru dan respon siswa menunjukkan respon positif, nilai kepraktisan dari respon guru 95% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan nilai kepraktisan dari siswa pada tahap uji small group 91,39% dan pada tahap field trial 88,04% dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan juga dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan handout tergolong sangat baik dengan skor 92,46%, dan ketuntasan klasikal adalah 89,92%.

 

 

Kata kunci : Pengembangan Handout Pembelajaran, Tumbuhan Pteridophyta, Valid, dan Praktis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI