DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI TIBUNG RAYA 3 KECAMATAN KANDANGAN
PENGARANG:MASLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


ABSTRAK

Masliani. NIM. A1D114437 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Servis Bawah Bola

Voli Mini Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Peserta Didik Kelas IV

SD Negeri Tibung Raya 3 Kecamatan Kandangan” Skripsi Jurusan Pendidikan

Olahraga dan Kesehatan, Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing: (I)

Drs.H.Sarmidi,M.Kes (II) Drs.H.M.Kusaini,M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan servis

bawah bola boli mini melalui metode pembelajaran kooperatif pada peserta didik

Kelas IV SD Negeri Tibung Raya 3 Kecamatan Kandangan. Penelitian ini

merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik

kelas IV SD Negeri Tibung Raya 3 Kecamatan Kandangan dengan jumlah 14

peserta didik.

Instrumen yang digunakan yaitu penilaian kemampuan peserta didik

melakukan gerak lempar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini

adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan metode

kooperatif kemampuan peserta didik IV SD Negeri Tibung Raya 3 Kecamatan

Kandangan melakukan servis bawah bola voli meningkat, dapat dilihat dari nilai

peserta didik. Nilai rata-rata peserta didik pada kegiatan sebelum diberikan tindakan

kelas atau nilai pembelajaran nilai rata-rata sebesar 66.14, secara keseluruhan peserta

didik tidak mencapai KKM dengan persentasi 100% tidak tuntas. Kondisi tersebut

mengalami peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I pertemuam I dengan

nilai rata-rata 70,57, 5 peserta didik telah mencapai nilai KKM atau tuntas dengan

persentase ketuntasan sebesar 35.72%, 9 peserta didik yang belum mencapai KKM

dengan persentase 64.28%. Pada tindakan siklus I pertemuan I,secara keseluruhan

KKM berlum tercapai sehingga tindakan kelas dilanjutkan pada siklus I pertemuan

II. Hasil tindakan kelas siklus I pertemuan II kemampuan peserta didik melakukan

servis bawah bola voli mini meningkat dengan nilai rata-rata 71,65 dengan

persentase 100% tuntas.

Tindakan kelas servis bawah bola voli dengan metode pendekatan kooperatif

berlangsung dengan menyenangkan,peserta didik sangat antusias dan gembira.

Peserta didik aktif melakukan kegiatan dan saling bekerjasama. Seluruh aspek

penilaian dikuasai peserta didik. Kemampuan peserta didik meningkat dengan

ditandai dengan seluruh peserta didik tuntas yaitu nilai rata-rata 70.

Kata Kunci: Metode koperatif,bola voli

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI