DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANJARMASIN BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:RINA SUPRIYANTI
PENERBIT:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2017-12-18


Nilai UAS mata pelajaran matematika siswa kelas VIII semester I di SMP Negeri
se-Kecamatan Banjarmasin Barat tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa
banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah. Rendahnya hasil belajar ini
disebabkan karena siswa mengalami kesulitan belajar yang dipengaruhi beberapa
faktor. Salah satunya adalah faktor minat. Sehingga mendorong peneliti untuk
melakukan penelitian di SMP Negeri se-Kecamatan Banjarmasin Barat. Penelitian
ini bertujuan untuk (1) mengetahui minat siswa terhadap mata pelajaran matematika
di SMP Negeri se-Kecamatan Banjarmasin Barat tahun pelajaran 2016/2017 (2)
mengetahui hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri se-Kecamatan
Banjarmasin Barat tahun pelajaran 2016/2017 (3) mengetahui hubungan antara
minat dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Banjarmasin Barat
tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan
Banjarmasin Barat tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel
menggunakan
purposive random sampling dengan kriteria 30% dari jumlah kelas
VIII disetiap sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil
belajar. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik statistik inferensial
menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
minat siswa terdistribusi pada tiga kategori yaitu: sangat tinggi, tinggi, dan sedang.
Secara keseluruhan, paling banyak ditemukan siswa yang memiliki minat tinggi
terhadap mata pelajaran matematika (2) nilai rata-rata/
mean yang diperoleh
menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa berpredikat baik (3) terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan hasil belajar. Setiap
kenaikan minat diikuti kenaikan hasil belajar dan sebaliknya. Dari koefisien
determinasi (R
2) yang diperoleh menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel minat
pada variasi variabel hasil belajar.


Kata kunci : minat siswa, matematika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI