DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK SDN ABIRAU KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ISMIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


ABSTRAK

Ismiyati. NIM. A1D114446 “Meningkatkan Gerak Dasar Lari Melalui

Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik SDN Abirau Kecamatan Karang Intan

Kabupaten Banjar” Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Program

Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing: (I). Drs.Athar,M.Kes

(II) Drs.Perdinanto,M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar meningkatkan

gerak dasar lari melalui pendekatan bermain pada peserta didik SDN Abirau

Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. sampel dalam

penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Abirau Kecamatan Karang

Intan dengan jumlah 22 peserta didik.

Instrumen yang digunakan yaitu penilaian kemampuan peserta didik

melakukan gerak dasar lari. Teknik analisis data yang digunakan dalam

penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan

bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lari peserta didik kelas

IV SDN Abirau Kecamatan Karang Intan, peningkatan dapat dilihat dari nilai

peserta didik. Nilai rata-rata peserta didik pada kegiatan sebelum diberikan

tindakan kelas nilai rata-rata sebesar 65,56 dari 22 peserta didik 7 yang

mencapai nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 31,82%, 15 peserta

didik tidak mencapai KKM dengan persentasi 68,18%. Kondisi tersebut

mengalami peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I pertemuam I

dengan nilai rata-rata 70,59, 15 peserta didik telah mencapai nilai KKM atau

tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 65,56%, 7 peserta didik yang

belum mencapai KKM dengan persentase 31,82%.Pada tindakan siklus I

pertemuan I,secara keseluruhan KKM berlum tercapai sehingga tindakan kelas

dilanjutkan pada siklus I pertemuan II. Hasil tindakan kelas siklus I pertemuan

II kemampuan peserta didik melakukan gerak dasar lari meningkat dengan nilai

rata-rata 72,06 dengan persentase 100% tuntas.

Proses pembelajaran gerak dasar lari dengan pendekatan bermain

berlangsung dengan menyenangkan. Peserta didik aktif melakukan kegiatan dan

saling bekerjasama. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik.

Kemampuan peserta didik meningkat dengan ditandai dengan seluruh peserta

didik tuntas yaitu nilai rata-rata 70.

Kata Kunci: lari,pendekatan bermain

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI