DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK SDN ABIRAU KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR | |
PENGARANG | : | ISMIYATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-19 |
ABSTRAK
Ismiyati. NIM. A1D114446 “Meningkatkan Gerak Dasar Lari Melalui
Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik SDN Abirau Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar” Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Program
Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing: (I). Drs.Athar,M.Kes
(II) Drs.Perdinanto,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar meningkatkan
gerak dasar lari melalui pendekatan bermain pada peserta didik SDN Abirau
Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Abirau Kecamatan Karang
Intan dengan jumlah 22 peserta didik.
Instrumen yang digunakan yaitu penilaian kemampuan peserta didik
melakukan gerak dasar lari. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan
bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lari peserta didik kelas
IV SDN Abirau Kecamatan Karang Intan, peningkatan dapat dilihat dari nilai
peserta didik. Nilai rata-rata peserta didik pada kegiatan sebelum diberikan
tindakan kelas nilai rata-rata sebesar 65,56 dari 22 peserta didik 7 yang
mencapai nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 31,82%, 15 peserta
didik tidak mencapai KKM dengan persentasi 68,18%. Kondisi tersebut
mengalami peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I pertemuam I
dengan nilai rata-rata 70,59, 15 peserta didik telah mencapai nilai KKM atau
tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 65,56%, 7 peserta didik yang
belum mencapai KKM dengan persentase 31,82%.Pada tindakan siklus I
pertemuan I,secara keseluruhan KKM berlum tercapai sehingga tindakan kelas
dilanjutkan pada siklus I pertemuan II. Hasil tindakan kelas siklus I pertemuan
II kemampuan peserta didik melakukan gerak dasar lari meningkat dengan nilai
rata-rata 72,06 dengan persentase 100% tuntas.
Proses pembelajaran gerak dasar lari dengan pendekatan bermain
berlangsung dengan menyenangkan. Peserta didik aktif melakukan kegiatan dan
saling bekerjasama. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik.
Kemampuan peserta didik meningkat dengan ditandai dengan seluruh peserta
didik tuntas yaitu nilai rata-rata 70.
Kata Kunci: lari,pendekatan bermain
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI