DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER KEANEKARAGAMAN SPESIES FAMILI ANACARDIACEAE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:NURUL LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


Berpikir kritis adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang individu, dengan memiliki keterampilan berpikir kritis membuat seseorang mampu mencari solusi permasalahannya sendiri. Keterampilan berpikir kritis sebaiknya diajarkan sedini mungkin dalam proses pendidikan. Namun dalam pelaksanaannya menghadapi berbagai hambatan, maka dari itu perlu adanya inovasi-inovasi di bidang pendidikan yang mengarahkan pembelajar untuk selalu berpikir kritis. Botani Tumbuhan Tinggi merupakan salah satu mata kuliah wajib di FKIP Biologi Universitas Lambung Mangkurat, dimana mahasiswa yang mempelajari mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi keterampilan berpikir kritisnya masih rendah, maka perlu bahan ajar pengayaan yang inovatif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya yaitu buku ilmiah populer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan buku ilmiah populer keanekaragaman spesies famili Anacardiaceae. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dan Nieveen yang dibatasi pada tahap prototyping phase dimana evaluasi formatif berdasarkan Tessmer yang terdiri dari evaluasi diri, pendapat ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang ahli dan 34 orang mahasiswa FKIP Biologi ULM yang telah memprogramkan mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi untuk uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang divalidasi dengan persentase 88,2 % dikategorikan sangat valid, sedangkan uji perorangan buku ilmiah populer dengan persentase 91,7 % menyatakan setuju. Kepraktisan buku ilmiah populer dengan persentase 95,2% diketegorikan praktis. Keterlaksanaan penggunaan buku ilmiah populer mendapatkan 88,9% dengan kategori baik. Keefektifan buku ilmiah populer dikategorikan efektif dengan persentase 89,8% dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan rata-rata nilai N-Gain 0,8 yang dikategorikan tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI