DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi FEB ULM)
PENGARANG:MUHAMMAD ISYRAQI HAJIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


ABSTRAK

 

Muhammad Isyraqi Hajidi (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Pembimbing : Dr. Syaiful Hifni, Drs, Ec, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan teknik purposive sampling dan hasil dari pembagian kuesioner didapat 100 responden. Motode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 23.

Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 (0,005 ≤ 0,05) dan mempunyai nilai t hitung 2,905 ≥ t tabel 1,664, Perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman Akuntansi mahasiswa dengan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,043 (0,041 ≤ 0,05) dan t hitung 2.067 ≥ t tabel 1,664 dan Kecerdasan emosional dan perilaku berlajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman Akuntansi karena memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05) dan F hitung 11,764 ≥ F tabel 3,04.

Keyword : Tingiat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI