DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR SENAM KESEIMBANGAN MELALUI METODE INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS III (TIGA) DI SDN SUNGAI GARUDA
PENGARANG:MUHIPDIN HIFNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


ABSTRAK

MUHIPDIN HIFNI, NIM. AID114452 (“Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Senam Keseimbangan Melalui Metode Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas III (Tiga) Di SDN Sungai Garuda ”). Skripsi JPOK FKIP UNLAM Banjarbaru 2018 dosen pembimbing 1. Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or, M. Pd dosen pembimbing 2 Drs. H. M. Mulhim, M. Pd

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar gerak dasar senam keseimbangan yang disebabkan oleh kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran oleh guru didalam pembelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang berminat dan mengalami kesulitan dalam pembelajaran tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar senam keseimbangan melalui pendekatan inkuiri Di SDN Sungai Garuda Pada Peserta Didik Kelas I (Satu) SDN Sungai Rangas Hambuku Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian dalam bentuk reflektif. Pengamatan pada waktu proses belajar mengajar berlangsung dan analisis data dilakukan berdasarkan pengamatan oleh supervisor.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III (Tiga) di SDN Sungai Garuda Kabupaten Hulu Sunga Selatan Tahun ajaran 2018/2019. Jumlah peserta didik yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 20 orang terdiri dari 11 peserta didik putra dan 9 peserta didik putri. Proses peningkatan kemampuan dan hasil belajar pada materi jalan dan lari sesudah diterapkan metode pembelajaran tim siswa mengalami peningkatan.

Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penilaian kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik ditunjukkan dari hasil penilaian pengamatan awal 63,35 (kurang), pertemuan Siklus I (satu) 68 (cukup) dan pertemuan siklus II (dua) 84,95 (sangat baik).

Kata kunci : keterampilan gerak dasar senam keseimbangan dan metode inkuiri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI