DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 LANDASAN ULIN TIMUR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:SUNARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


ABSTRAK

Sunarti. 2019. Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Bola Voli Mini Melalui Metode

Pembelajaran Drill Pada Peserta Didik Kelas V SDN 2 Landasan Ulin Timur Kota

Banjarbaru. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan

Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung

Mangkurat. Pembimbing: (1) Drs. Said Abdillah, M.Pd. (II) Drs. Perdinanto, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan keterampilan servis

bawah bola voli mini melalui metode pembelajaran drill pada peserta didik kelas V SDN 2

Landasan Ulin Timur Kota Banjarbaru. Penelitian dilakukan dengan melibatkan peserta

didik kelas V SDN 2 Landasan Uin Timur. Metode penelitian dengan menggunakan

metode pembelajaran drill, dalam metode penelitian ini melalui beberapa tahapan langkah

penelitian yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang

dikumpulkan meliputi data kualitatif berupa tanggapan yaitu kritik, saran, dengan

menggunakan teknik wawancara, dan diskusi sedangkan data kuantitatif berupaa angka.

Data yang terkumpul selama penelitian adalah data tentang keterlaksanaan

pembelajaran siswa di kelas V. Hasil belajar siswa dalam bentuk pemahaman teknik dasar

servis bawah bola voli dengan melakukan gerakan yang benar, maka dapat dilihat sebelum

dilakukan penelitian tindakan kelas terdapat 12 siswa (44%) yang tuntas belajar secara

individu. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas siswa yang tuntas belajar meningkat

menjadi 22 (81%) siswa pada siklus I, dan menjadi 27 (100%) siswa pada siklus II.

Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu

44%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, ketuntasan belajar siswa mengalami

peningkatan 37% menjadi 81% pada siklus I. Pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal

siswa mengalami peningkatan 19% menjadi 100%.

Salah Satu keberhasilan dalam pembelajaran adalah kemampuan guru dalam

merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Guru dituntut untuk bisa menciptakan

situasi dan kondisi pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar

dalam diri siswa. Untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran perlu adanya variasi

dalam pembelajaran yang dirancang dan dilakukan secara tersusun oleh seorang guru dalam

sistematika pembelajaran pendidikan jasmani yang terdiri dari pendahuluan, inti, dan

penutup. Dari perbandingan hasil penilaian servis bawah bola voli mini dari sebelum dan

sesudah dilakukan penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Teknik dasar servis bawah, metode drill.

ii

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI