DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 LANDASAN ULIN TIMUR KOTA BANJARBARU | |
PENGARANG | : | SUNARTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-08-19 |
ABSTRAK
Sunarti. 2019. Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Bola Voli Mini Melalui Metode
Pembelajaran Drill Pada Peserta Didik Kelas V SDN 2 Landasan Ulin Timur Kota
Banjarbaru. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan
Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung
Mangkurat. Pembimbing: (1) Drs. Said Abdillah, M.Pd. (II) Drs. Perdinanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan keterampilan servis
bawah bola voli mini melalui metode pembelajaran drill pada peserta didik kelas V SDN 2
Landasan Ulin Timur Kota Banjarbaru. Penelitian dilakukan dengan melibatkan peserta
didik kelas V SDN 2 Landasan Uin Timur. Metode penelitian dengan menggunakan
metode pembelajaran drill, dalam metode penelitian ini melalui beberapa tahapan langkah
penelitian yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang
dikumpulkan meliputi data kualitatif berupa tanggapan yaitu kritik, saran, dengan
menggunakan teknik wawancara, dan diskusi sedangkan data kuantitatif berupaa angka.
Data yang terkumpul selama penelitian adalah data tentang keterlaksanaan
pembelajaran siswa di kelas V. Hasil belajar siswa dalam bentuk pemahaman teknik dasar
servis bawah bola voli dengan melakukan gerakan yang benar, maka dapat dilihat sebelum
dilakukan penelitian tindakan kelas terdapat 12 siswa (44%) yang tuntas belajar secara
individu. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas siswa yang tuntas belajar meningkat
menjadi 22 (81%) siswa pada siklus I, dan menjadi 27 (100%) siswa pada siklus II.
Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu
44%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, ketuntasan belajar siswa mengalami
peningkatan 37% menjadi 81% pada siklus I. Pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal
siswa mengalami peningkatan 19% menjadi 100%.
Salah Satu keberhasilan dalam pembelajaran adalah kemampuan guru dalam
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Guru dituntut untuk bisa menciptakan
situasi dan kondisi pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar
dalam diri siswa. Untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran perlu adanya variasi
dalam pembelajaran yang dirancang dan dilakukan secara tersusun oleh seorang guru dalam
sistematika pembelajaran pendidikan jasmani yang terdiri dari pendahuluan, inti, dan
penutup. Dari perbandingan hasil penilaian servis bawah bola voli mini dari sebelum dan
sesudah dilakukan penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Teknik dasar servis bawah, metode drill.
ii
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI