DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN KAB. TABALONG (UNIT V & X) TERHADAP PEMBINAAN KELOMPOK TANI HUTAN “WATU MARUNG” DALAM PENGEMBANGAN POTENSI EKOWISATA RIAM KINARUM KEC. UPAU KAB. TABALONG
PENGARANG:Benny Ignatius
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


Benny Ignatius, D1B114051, 2019 Kinerja Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong (unit V & X) terhadap pembinaan Kelompok Tani Hutan “Watu Marung” dalam pengembangan potensi Ekowisata Riam Kinarum Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. Dibimbing oleh Suriansyah Umar selaku Pembimbing I dan Abdurrahman selaku Dosen Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong (Unit V & X) terhadap pembinaan Kelompok Tani Hutan “Watu Marung” dalam pengembangan potensi Ekowisata Riam Kinarum Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong secara maksimal telah melaksanakan tugas dan fungsinya terhadap pembinaan Kelompok Tani Hutan “Watu Marung” meskipun tugas telah dijalankan namun masih ditemukan kekurangan berupa Keamanan, Kenyamanan dan kebersihan. Hendaknya pihak Kelompok Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong lebih menekankan pengawasan dan pendampingan kepada Kelompok Tani Hutan, begitu juga dengan Kelompok Tani Hutan untuk lebih dieratkan agar dapat memaksimalkan pembangunan yang ada. Serta bagi masyarakat kiranya memiliki kesadaran untuk ikut berpartisipasi dan mendukung dalam pengembangan Ekowisata Riam Kinarum.

Adapun saran  kepada KPH Tabalong diharapkan dapat lebih menekankan pengawasan dan pendampingan kepada Kelompok Tani Hutan “watu marung” agar KPH lebih tahu apa yang dibutuhkan dan langkah apa yang akan diambil kedepannya terkait dengan kebijakan dan aturan untuk pengembangan Ekowisata Riam Kinarum.

 

Kata Kunci: Kinerja, Kesatuan Pengelolaan Hutan, Tabalong

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI