DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAGIC BOX BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:NAWAL KHAIRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


Nawal Khairiyah 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Magic Box Bergambar Terhadap Kemampuan Berwudhu Anak Tunagrahita Sedang Di SLB Negeri 1 Martapura”.Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (1) Bapak Utomo, M.Pd, (2)Ibu Septi Ariyanti,M.Pd.

 

Kata Kunci : Media magic box bergambar,berwudhu, anak tunagrahita sedang

 

Masalah pada penelitian ini yaitu ditemukan dua anak tunagrahita sedang yang mengalami kesulitan dalam berwudhu, dikarenakan daya ingat anak yang rendah serta anak belum mengenal dengan baik bagaimana praktek berwudhu, maka salah satu alternatif untuk membantu anak dalam berwudhu adalah dengan menggunakan media Magic Box. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Magic Box dapat mempengaruhi kemampuan berwudhu pada anak tunagrahita sedang.

Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain time series design yang dimana diberikan tes awal (pretest) yaitu dilakukan sebanyak empat kali sebelum diberikan treatment, selanjutnya pemberian treatment menggunakan media Magic Box sebanyak empat kali treatment, dan setelah itu dilakukan tes akhir (posttest) sebanyak empat kali setelah diberikan treatment. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang anak tunagrahita sedang kelas II SLB Negeri 1 Martapura. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pada saat observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tes kemampuan akhir anak (posttest) lebih tinggi dibandingkan pada hasil tes sebelum diberikan treatment (pretest). Dengan data nilai rata-rata yaitu, O1 = 50,O2 = 50, O3 = 50, O4 = 50 mengalami peningkatan menjadi O5 = 91,6, O6 = 93,7, O7 = 95,8, O8 = 95,8. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media Magic Box berpengaruh terhadap kemampuan berwudhu pada anak tunagrahita sedang. Serta dari hasil penelitian tadi bisa menjadi salah satu referensi dalam mempermudah pembelajaran berwudhu pada anak tunagrahita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI