DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK DESAIN KAPAL GILLNET (GILLNETTER) DI DESA JUKU EJA KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:H IDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-19


ABSTRAK

Hidayat Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Karakteristik Desain Kapal Gillnet (Gillnetter) Di Desa Juku Eja Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan di bawah bimbingan Rusmilyansari sebagai ketua tim pembimbing dan Aulia Azhar Wahab sebagai anggota pembimbing.

            Sebagian besar kapal yang dibuat di Kabupaten Tanah Bumbu dibangun dengan keahlian secara turun temurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik desain kapal gillnet yang terdiri dari rasio dimensi utama, rancangan umum (General Arrangement), rencana garis (Lines Plan), dan parameter hidrostatis kapal. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap 3 buah kapal gillnet. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengukuran langsung terhadap kapal gillnet di lapangan. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan data pada tabel offset lapangan dan menuangkannya ke dalam 3 buah bentuk gambar. Data pada tabel offset  kemudian diolah dengan menggunakan Maxsurf V20.i. Hasil penelitian menunjukkan rasio demensi utama kapal, nilai L/B dari kapal sampel berkisar 5.31 – 5.61, nilai L/D berkisar 11.75 – 14.6 dan nilai B/D berada dikisaran 2.21 – 2.6. Nilai rasio demensi utama kapal yang diteliti sudah sesuai standar kapal di Indonesia. General arrangement kapal gillnet dari ketiga sampel kapal memiliki perbedaan dari segi rancangan dan jumlah ruangan sesuai ukuran kapal. Lines plan berdasarkan body plan pada sampel kapalsatu dan dua menunjukkan bentuk kasko Round Bottom, pada sampel kapal tiga bentuk V Bottom. Berdasarkan parameter hidrostatis kapal, bahwa ketiga sampel memiliki stabilitas yang sesuai standar. Parameter hidrostatis kapal sampel memiliki nilai kisaran cb sebesar 0,433 – 0,479, nilai cp 0,610 – 0,724, nilai cm 0,642 – 0,716, nilai cw 0,789 – 0,804.

 

Kata kunci : Desain, Kapal, Gillnet,General Arrangement, Lines Plan, Hidrostatis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI