DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEBERHASILAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP MATA KULIAH BERPRASYARAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:Rahmatullah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-20


PENGARUH KEBERHASILAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP MATA KULIAH BERPRASYARAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TAHUNPELAJARAN 2016/2017  (Oleh: Rahmatullah; Pembimbing: Hj. Agni Danaryanti, Siti Mawaddah; 2017; 54 halaman)

 

 

ABSTRAK

Keberhasilan perguruan tinggi dalam mewujudkan kualitas lulusan salah satunya dapat dilihat dari keberhasilan para mahasiswanya dalam menempuh pendidikan pada masing-masing program studi yang dicapai melalui hasil belajar mata kuliah khususnya mata kuliah prasyarat dan berprasyarat. Adanya mata kuliah prasyarat mengharuskan mahasiswa untuk lulus pada mata kuliah tersebut sehingga ketidakberhasilan dalam menyelesaikan mata kuliah prasyarat merupakan masalah bagi mahasiswa. Keberhasilan dalam mata kuliah prasyarat seharusnya diikuti dengan keberhasilan dalam mata kuliah berprasyarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberhasilan mahasiswapada mata kuliah prasyarat terhadap mata kuliah berprasyarat program studi pendidikan matematika angkatan 2013 dalam dua tahun pertama perkuliahan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2013 sedangkan objek yang diteliti adalah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah berprasyarat dan mata kuliah prasyaratnya dalam dua tahun pertama perkuliahan yang tidak memuat nilai E. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase, analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan mata kuliah Kalkulus I berpengaruh terhadap mata kuliah Kalkulus II, keberhasilan mata kuliah Kalkulus II berpengaruh terhadap mata kuliah Kalkulus, keberhasilan mata kuliah Kalkulus Lanjut berpengaruh terhadap mata kuliah Persamaaan Diferensial, keberhasilan mata kuliah Geometri Analitik Datar berpengaruh terhadap mata kuliah Geometri Analitik Ruang, keberhasilan mata kuliah Matriks, Kalkulus IIberpengaruh terhadap mata kuliah Aljabar Linear Elementer, keberhasilan mata kuliah Pengantar Dasar Matematika, Teori Bilangan, Aljabar linear Elementerberpengaruh terhadap mata kuliah Struktur Aljabar.

 

 

Kata kunci : mata kuliah prasyarat, mata kuliah berprasyarat, pengaruh

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI