DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:TAUCHID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-20


ABSTRAK

TAUCHID . 2016.  Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar  Di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Tesis, Program Studi Keguruan Olahraga(S2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama:Dr.HeritaWarni,M.Pd.,Pembimbing Pendamping: Dr. Ma’ruful Kahri , M. Pd.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Evaluasi ,Pendidikan Jasmani . 

 

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) didalamnya berisi tujuan pembelajaran yang harusnya mampu dicapai oleh pendidik selaku pelaksana kurikulum tersebut. Implementasi dalam pelaksanaan kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Hal inilah yang masih perlu didalami untuk mengetahui pencapaian tujuan yang diharapkan dari penelitian yang dilakukan.

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan: (1) mengetahui dan menelaah analisis program pembelajaran dari kompetensi dasar menjadi indikator-indikator pembelajaran yang dipersiapkan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, (2) mengetahui dan menelaah proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang dilaksanakan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, (3) mengetahui dan menelaah sistem penilaian yang dilaksanakan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Dalam hal ini Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang dipilih sebanyak tujuh orang guru dari empat Sekolah Dasar Negeri dan Swasta untuk dilakukan analisa terhadap persiapan pembelajaran yang dibuatnya untuk kemudian diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. 

Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode survey.Dengan menggunakan beberapa perangkat berupa angket dan instrumen . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani yang berjumlah 34 orang, terdiri 30 sekolah dari Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. Sedangkan yang dipilih untuk menjadi sampel sebanyak tujuh orang dari empat sekolah dasar yang nantinya dianggap bisa untuk menggambarkan kondisi tertentu yang terjadi pada kegiatan pembelajaran di Kecamatan Murung Pudak. Setelah melalui pertimbangan tertentu maka penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling ( non random ) 

Hasil penelitian menunjukan bahwa data yang didapatkan dengan menggunakan skala likert diperoleh kesimpulan keseluruhan baik, yaitu: (1) Penjabaran kompetensi dasar menjadi indikator-indikator pembelajaran yang dilakukan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kecamatan Murung Pudak dalam program rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabusnya sudah baik, (2) Implementasi program rencana pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kecamatan Murung Pudak dengan menggunakan KTSP sudah baik, (3) Sistem penilaian pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kecamatan Murung Pudak dengan menggunakan KTSP dapat diambil kesimpulan baik

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI