DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANJARMASIN
PENGARANG:HARIYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-21


Peranan komunikasi dalam matematika sangat besar, karena saat siswa mengkomunikasikan ide, gagasan ataupun konsep matematis, mereka belajar mengklarifikasi, memperhalus dan menyatukan pemikiran. Kemampuan komunikasi dalam pembelajaran matematis juga sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang baik. Sehingga, hasil belajar sangat penting sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam kemampuan komunikasi matematis. Dari uraian tersebut akan dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan mendeskripsikan hubungan komunikasi metematis terhadap hasil belajar siswa pada materisistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin dengan populasi sebanyak 208 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik sampel total. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata dan uji korelasi regresi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMPN 31 Banjarmasin berada pada kualifikasi cukup. Hasil kemampuan komunikasi matematis siswa untuk aspek memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis melalui, tulisan maupun bentuk visual lainnya berada pada kualifikasi baik dan pada aspek menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, menggambarkan hubungan dan situasi berada pada kualifikasi cukup. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi matematis terhadap hasilbelajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI