DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KONSEP SISTEM RESPIRASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA
PENGARANG:DINELLA FRISNANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-21


Salah satu dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pendidikan di sekolah yaitu diperkaya nya sumber dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang baik dan tepat dapat meningkatkan daya tarik siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan permainan ular tangga yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi konsep Sistem Respirasi di kelas XI SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Namun, pengembangan ini dibatasi hanya sampai tahap Development (Pengembangan) saja. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan instrumen penilaian berupa angket. Teknik Analisis Data pada validitas dan kepraktisan media dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran biologi berbentuk permainan ular tangga pada konsep sistem respirasi untuk siswa kelas XI SMA tergolong sangat valid dan praktis. Nilai rata-rata validitas oleh ahli sebesar  92,79% dan validitas keterbacaan 90,15%. Sedangkan rata-rata nilai kepraktisan oleh siswa yaitu 98,61% dan kepraktisan oleh guru yaitu 97,5% yang tergolong kategori praktis.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Biologi, Sistem Respirasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI