DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Model Guided Inquiry Berbasis Metakognitif pada Materi Sistem Koloid dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019
PENGARANG:BAITI HASNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-21


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model guided inquiry berbasis metakognitif pada materi sistem koloid dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model guided inquiry berbasis metakognitif dengan menguji: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis (2) perbedaan hasil belajar dan (3) respon peserta didik terhadap penerapan model guided inquiry berbasis metakognitif pada materi sistem koloid. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan pretest-posttest nonequivalen control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan nontes yaitu angket respon.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan nilai keterampilan berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,94 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 67,35, (2) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dengan persentase ketuntasan 68,75 % dan kelas kontrol dengan persentase ketuntasan 38,23 %, (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran yang menggunakan model guided inquiry berbasis metakognitif mendapat respon positif dari peserta didik sebesar 90,07%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI