DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII F SMPN 3 Banjarmasin
PENGARANG:PUTERI SARINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-21


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis paragraf eksposisi di kelas VIII F SMP Negeri 3 Banjarmasin. (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis paragraf eksposisi di kelas VIII F SMP Negeri 3 Banjarmasin.

 

Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian, yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan  kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII F SMPN 3 Banjarmasin. Berdasarkan penelitian ini karena jumlah populasi tidak lebih besar dari 100 orang responden, maka penulis mengambil satu kelas VIII dengan jumlah siswa 33 orang siswa sebagai penelitian dengan menggunakan Judgement Sampling yang dipilih berdasarkan penilaian peneliti adalah pihak yang paling baik untuk dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan ialah tes menulis paragraf eksposisi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VIII di SMPN 3 Banjarmasin memperoleh kemampuan menulis paragraf eksposisi dengan memperoleh rentang skor 75-90 dengan persentase 84,85% siswa dikategorikan mampu dalam menulis paragraf eksposisi, dan memperoleh skor 70 dengan presentase 15,15% siswa dikategorikan cukup mampu dalam menulis paragraf eksposisi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI