DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016
PENGARANG:Erni Mustika
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-21


Mustika (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen  (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Pembimbing: Fahmi Rizani.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kebijakan dividen, (2) menguji dan menganalisis pengaruh leverage terhadap kebijakan dividen, (3) menguji dan menganalisis pengaruh investment opportunity set terhadap kebijakan dividen, (4) menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaanterhadap kebijakan dividen, dan (5) menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Cara pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 32 perusahaan dari 148 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data pengamatan dalam penelitian ini sebanyak 128 perusahaan (32 sampel x 4 tahun penelitian). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kepemilikan manajerial, leverage, investment opportunity set, ukuran perusahaan, dan profitabilitas sebagai variabel independen, serta kebijakan dividen sebagai variabel dependen. Teknik analisis data menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS) Versi 23 dengan melakukan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan profitabilitas pengaruh terhadap kebijakan dividen. Semakin tinggi leverage maka akan menurunkan pembagian dividen dan semakin tinggi profitabilitas akan meningktakan pembagian dividen. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, investment opportunity set dan ukuran perusahaan tidak pengaruh terhadap kebijakan  dividen. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya nilai kepemilikan manajerial, investment opportunity set dan ukuran perusahaan  bukan penyebab perubahan terhadap pembagian dividen.

Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Leverage, Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI