DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENGALAMATAN IP DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE
PENGARANG:Muhammad Fajar
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-22


Perkembangan teknologi pada zaman ini kian pesat, khususnya di bidang Pendidikan. Hal yang menjadi perhatian pada pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah pengajaran berbantuan komputer. Namun teknologi dalam proses pembelajaran belum dioptimalkan secara efektif. Perlu adanya media pembelajaran berbantuan komputer agar teknologi dapat digunakan secara maksimal untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya adalah media pembelajaran interaktif. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia  untuk pembelajaran pengalamatan IP dengan metode drill and practice dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia  untuk pembelajaran pengalamatan IP dengan metode drill and practice. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan metode Research & Development dengan model pengembangan ADDIE. Tahapannya yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia dalam pembelajaran pengalamatan IP dengan metode drill and practice ini menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, XML, dan Flash dengan tahapan pengembangan meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis meliputi analisis kebutuhan teknologi, metode, dan materi. Tahap desain meliputi desain flowchart, rancangan antarmuka, dan storyboard. Tahap pengembangan meliputi pengembangan antarmuka, use case, pengkodean, pengembangan metode pembelajaran, dan uji kelayakan serta ahli validasi. Tahap implementasi meliputi uji coba media pembelajaran dan hasil penilaian pengguna. Tahap evaluasi meliputi analisis data penilaian pengguna dan hasil kelayakan media pembelajaran dari ahli materi membuktikan 66% berkategori layak, sedangkan ahli media membuktikan 67% berkategori layak, serta penilaian peserta didik kepada media pembelajaran dalam bidang fungsionalitas adalah 85% berkategori sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hypermedia Dalam Pembelajaran Pengalamatan IP layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI