DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOLKA (KOLASE KANCING) TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB NEGERI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUNAZAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-22


ABSTRAK

 

Munazat. 2019. Pengaruh penggunaan media kolka (kolase kancing) terhadap kemampuan motorik halus anak cerebral palsy di SLB Negeri kota Banjarbaru. Program Studi Pendidikan Luar biasa Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing (I) Dr. Mustika Wati, M. Sc dan Pembimbing (II) Sihadi, M. Pd.

Kata Kunci : Media Kolase Kancing, Kemampuan Motorik Halus, Cerebral Palsy

Siswa cerebral palsy memiliki hambatan pada kemampuan motorik halus, terutama dalam hal menulis. Kemampuan menulis siswa masih pada tahap menulis permulaan, siswa berada di jenjang tingkat SD (Sekolah Dasar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kolase kancing terhadap kemampuan motorik halus anak cerebral palsy di SLB Negeri kota Banjarbaru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (Pre-Eksperimental Design) dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran diawal /pretest (O1) dengan pengukuran akhir/posttest (O2). Subjek penelitian ini adalah 5 orang siswa cerebral palsy kelas II di SLB Negeri kota Banjarbaru.

Hasil analisis data dengan pengujian secara statistik menggunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05 (5%) dan derajat bebas 4, yang memperoleh hasil nilai thitung 2,828  ttabel 2,132. Sehingga mengakibatkan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh penggunaan media kolase kancing terhadap kemampuan motorik halus anak cerebral palsy di SLBN kota Banjarbaru”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI