DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS PT ADARO ENERGY, Tbk
PENGARANG:ABDURAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-22


Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor lingkungan bisnis yang menjadi kekuatan dan peluang PT Adaro Energy, Tbk. Serta faktor-faktor lingkungan bisnis yang menjadi kelemahan dan ancaman bagi PT Adaro Energy, Tbk dan strategi bisnis apa yang dilakukan oleh PT Adaro Energy, Tbk berdasarkan kondisi lingkungan yang ada.

Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tipe studi kasus, pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dengan EFE, IFE dan SWOT.

Dari sekian faktor kekuatan, yang paling menonjol adalah model bisnis yang terintegrasi dari tambang sampai ketenaga listrikan, biaya rendah, cadangan sumberdaya yang besar dan kontrak jangka panjang.

Sedangkan faktor lingkungan yang menjadi ancaman adalah harga fluktuatif, energy alternative, ketidak pastian regulasi, kekhawatiran emisi karbon, dan penurunan ekonomi global. Sedangkan kelemahannya produksi saat ini hanya ditopang oleh satu tambang, lokasi tambang terpencil, investasi jangka panjang dan beresiko tinggi, padat modal dan perlu keahlian khusus.

Berdasarkan grand strategy, maka strategi bisnis yang dijalankan oleh PT Adaro Energy adalah Agresif fokus pada pengembangan pasar dalam negeri dan diversifikasi vertikal.  Strategi agresif ini perlu terus dipertahankan sesuai dengan hasil perhitungan matrik model general electric yang menunjukkan Stability.

Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor lingkungan bisnis yang menjadi kekuatan dan peluang PT Adaro Energy, Tbk. Serta faktor-faktor lingkungan bisnis yang menjadi kelemahan dan ancaman bagi PT Adaro Energy, Tbk dan strategi bisnis apa yang dilakukan oleh PT Adaro Energy, Tbk berdasarkan kondisi lingkungan yang ada.

Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tipe studi kasus, pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dengan EFE, IFE dan SWOT.

Dari sekian faktor kekuatan, yang paling menonjol adalah model bisnis yang terintegrasi dari tambang sampai ketenaga listrikan, biaya rendah, cadangan sumberdaya yang besar dan kontrak jangka panjang.

Sedangkan faktor lingkungan yang menjadi ancaman adalah harga fluktuatif, energy alternative, ketidak pastian regulasi, kekhawatiran emisi karbon, dan penurunan ekonomi global. Sedangkan kelemahannya produksi saat ini hanya ditopang oleh satu tambang, lokasi tambang terpencil, investasi jangka panjang dan beresiko tinggi, padat modal dan perlu keahlian khusus.

Berdasarkan grand strategy, maka strategi bisnis yang dijalankan oleh PT Adaro Energy adalah Agresif fokus pada pengembangan pasar dalam negeri dan diversifikasi vertikal.  Strategi agresif ini perlu terus dipertahankan sesuai dengan hasil perhitungan matrik model general electric yang menunjukkan Stability.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI