DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN LITERASI ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL EKSPOSITORI MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR BERBASIS PANGAN LOKAL PADA MATERI KOLOID DI SMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NURLAILA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-22


Penelitian ini tentang perbedaan literasi ilmiah dan penguasaan konsep pembelajaran model Project Based Learningdengan model Ekspositori menggunakan sumber belajar berbasis pangan lokal pada materi koloid. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: (1) perbedaan literasi ilmiah, (2) perbedaan penguasaan konsep dan (3) respon peserta didik terhadap model Project Based Learning dan model Ekspositori.Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen di SMAN 1 Banjarmasin. Kelas eksperimen menerapkan model Project Based Learning sedangkan kelas kontrol dengan model Ekspositori. Pembelajaran pada kedua kelas menggunakan sumber belajar berbasis pangan lokal.Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasilpenelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan literasi ilmiahyang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) pembelajaran model PjBL mendapat respon lebih positif sebesar 92,73% dibandingkan model Ekspositori sebesar 66,00%.

Kata kunci:Project Based Learning,pangan lokal,literasi ilmiah, penguasaan konsep, koloid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI