DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI
PENGARANG:MUHAMMAD TAUFIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-23


ABSTRAK

 

 

Muhammad Taufik, NIM A1D115024, 2019, Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Tengah Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes. AIFO. (II)               Drs. Perdinanto, M.Pd.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Banjarmasin Tengah ditinjau dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.

Populasi dalam  penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri               Se Kecamatan Banjarmasin Tengah  tahun  ajaran  2018/2019 yang berjumlah 584 orang peserta didik, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang  peserta didik dengan rentang usia 13-15 tahun dan kelas 7, yang terdiri dari 30 orang putra dan 30 orang putri.

Hasil observasi di lapangan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Banjarmasin, SMP Negeri 9 Banjarmasin, SMP Negeri 26 Banjarmasin berada pada klasifikasi “Cukup”. Sedangkan hasil penelitian Tes Kesegaran Jasmani Indonesia menunjukkan pada SMP Negeri 2  Banjarmasin, SMP Negeri 9 Banjarmasin, dan SMP Negeri 26 Banjarmasin pada kategori “Baik” 1 peserta didik dengan persentase 1,72%, “Sedang” 6 peserta didik dengan persentase 10,34%, “Kurang” 40 peserta didik dengan persentase 68,97%, dan “Kurang Sekali” 11 peserta didik dengan persentase 18,97%.

Kesimpulan penelitian adalah tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMP Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Tengah sebagian besar berkategori “kurang” dan untuk sarana dan prasarana pendidikan jasmani berkategori “cukup”.

 

Kata Kunci : Analisis, Tingkat Kesegaran Jasmani, peserta didik sekolah menengah pertama, Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI