DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH
PENGARANG:FARIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-23


Proses pendidikan pada abad ke-21 bukan sekedar kegiatan yang diorganisir untuk menguasai atau memahami sejumlah pengetahuan, akan tetapi harus menumbuhkan keterampilan berpikir. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Penerapannya dalam pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) self evaluation; 2) expert review; 3) one-to-one evaluation; dan 4) small group evaluation. Struktur LKPD yang dikembangkan mengacu pada Daryanto & Dwicahyono, serta keterampilan berpikir kritis mengacu pada Facione. Subjek validasi meliputi 2 orang ahli dan 1 orang praktisi, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 9 Banjarmasin dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas XI MIA 3 SMAN 9 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi LKPD memiliki kategori baik dan kepraktisan harapan LKPD berdasarkan respon peserta didik memiliki kategori sangat baik; dan 3) keefektifan harapan LKPD berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori sangat baik pada keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI