DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-modul Suhu Dan Kalor Bemuatan Kearifan Lokal Melalui Aplikasi Sigil
PENGARANG:RINA APRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-23


Penerapan model dan metode yang kurang sesuai dengan karakteristik materi ajar berdampak terhadap rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika peserta didik. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampilan proses sains melalui penerapan model kooperatif berbasis hands on activity. Adapun tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) keterampilan proses sains, dan (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Hopkins yang terdiri atas 3 siklus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterlaksanaan RPP pada siklus I, II, dan III terlaksana dengan baik; (2) keterampilan proses sains pada siklus I dengan kriteria baik (mengobservasi), kriteria cukup (menyimpulkan dan mengomunikasikan) dan kriteria kurang baik (memprediksi) mengalami peningkatan pada siklus II dan III menjadi kriteria baik dan sangat baik; (3) Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I (18,75%) dan siklus II (56,25%) dengan kategori tidak tuntas menjadi (87,50%) dengan kategori tuntas pada siklus III. Diperoleh simpulan bahwa keterampilan proses sains siswa di kelas VIII-E SMPN 25 Banjarmasin dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis hands on activity.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI