DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCUCI PAKAIAN PADA ANAK TUNA GRAHITA SEDANG KELAS XI DI SLB NEGERI 2 MARTAPURA
PENGARANG:NELYANA NORAJIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-23


ABSTRAK

Nellyana Nor Ajijah 2019. “Efektifitas Metode Drill dalam Peningkatan Keterampilan Mencuci Pakaian pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas XI di SLB Negeri 2 Martapura”.Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (1) Bapak H. Fauzul Adhim, M.Pd, (2) Bapak Machmud Fauzi,M.Pd.

 

Kata kunci :Metode Drill, Mencuci Pakaian, Anak Tunagrahita Sedang

 

Masalah pada penelitian ini yaitu ditemukan dua anak tunagrahita sedang yang mengalami kesulitan dalam keterampilan mencuci pakaian, dikarenakan daya ingat anak yang rendah serta anak belum mahir dan mandiri untuk mencuci pakiannya sendiri, maka salah satu alternatif untuk membantu anak dalam keterampilan mencuci pakian adalah dengan menggunakan metode drill. Sehingga penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode drillefektivitas dalam keterampilan mencuci pakaian pada anak tunagrahita sedang.

Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan experimentaldesigndengan desain one group pre test post test design. Dimana diberikan tes awal (pretest), selanjutnya pemberian treatment menggunakan metode drill sebayak empat kali treatment, dan setelah itu dilakukan tes akhir (posttest). Subjek pada penelitian ini adalah dua orang anak tunagrahita sedang kelas XI SLB Negeri 2 Martapura.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitianini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan akhir anak (posttest) lebih tinggi dibandingkan pada hasil tes sebelum diberikan treatment (pretest). Dengan data nilai rata yaitu, O1 = 50,67mengalami peningkatan menjadi O2 = 92,67. Berdasarkan hasil penelitian tadi maka dapat disimpulkan bahwa metode drill efektif terhadapketerampilan mencuci pakaian pada anak tunagrahita sedang.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI