DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Materi Prinsip-Prinsip Geografi
PENGARANG:RIYAH
PENERBIT:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
TANGGAL:2017-12-20


Meningkatnya hasil belajar siswa kelas X pada materi prinsip- prinsip
geografi adalah tujuan dari penelitian penerapan model
Make A Match dalam
penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam metode eksperimen semu (
Quasi
Expeimental Design
) dan Nonequivalent Pre-test – Post-test Control Group
Design, terdapat dua kelompok
, dimana sebelum penelitian dilaksanakan
masing- masing kelompok akan diberi pretes. Jumlah seluruh populasi yang
diambil dalam penelitian ini 104 orang siswa, terbagi dalam 2 kelas pada X 1
dengan jumlah siswa 35 orang, kelas X 2 ada 34 siswa dan kelas XI IPS ada 35
siswa. Sampel diambil dengan teknik
simple random sampling, kelas X 2 sebagai
kelas kontrol dan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen.
Hasil uji t kelas eksperimen dapat diinterpretasikan bahwa nilai rata-rata
postes siswa yang dilakukan pembelajaran dengan memakai model make a match
sebesar 54,87 dapat dan standar deviasi 16.999. Kelas yang dilakukan kegiatan
pembelajaran dengan metode konvensional atau ceramah memiliki nilai rata-rata
postes siswa sebesar 48,06 dan standar deviasi 21,021.


Kata Kunci: Model pembelajaran, Make A Match, Hasil Belajar Geograf

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI