DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Penerapan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Materi Prinsip-Prinsip Geografi | |
PENGARANG | : | RIYAH | |
PENERBIT | : | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI | |
TANGGAL | : | 2017-12-20 |
Meningkatnya hasil belajar siswa kelas X pada materi prinsip- prinsip
geografi adalah tujuan dari penelitian penerapan model Make A Match dalam
penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam metode eksperimen semu (Quasi
Expeimental Design) dan Nonequivalent Pre-test – Post-test Control Group
Design, terdapat dua kelompok , dimana sebelum penelitian dilaksanakan
masing- masing kelompok akan diberi pretes. Jumlah seluruh populasi yang
diambil dalam penelitian ini 104 orang siswa, terbagi dalam 2 kelas pada X 1
dengan jumlah siswa 35 orang, kelas X 2 ada 34 siswa dan kelas XI IPS ada 35
siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, kelas X 2 sebagai
kelas kontrol dan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen.
Hasil uji t kelas eksperimen dapat diinterpretasikan bahwa nilai rata-rata
postes siswa yang dilakukan pembelajaran dengan memakai model make a match
sebesar 54,87 dapat dan standar deviasi 16.999. Kelas yang dilakukan kegiatan
pembelajaran dengan metode konvensional atau ceramah memiliki nilai rata-rata
postes siswa sebesar 48,06 dan standar deviasi 21,021.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Make A Match, Hasil Belajar Geograf
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI