DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 12 BANJARMASIN PADA SUBKONSEP KOMPONEN EKOSISTEM
PENGARANG:SYARIFAH MUNAWARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-24


Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajarannya karena model pembelajaran merupakan suatu tindakan yang harus diaplikasikan dan diterapkan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar kognitif produk, afektif, psikomotor serta keterampilan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas perlakuan di SMAN 12 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan analisis kovarian dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif produk dengan signifikansi <0.05 dengan nilai R-Square masing-masing sebesar 0.527 untuk pertemuan pertama dan 0.682 untuk pertemuan kedua. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar afektif dan psikomotor serta mampu meningkatkan respon positif sebesar 86% pada subkonsep komponen ekosistem dan peranannya dan 80% pada subkonsep interaksi antar komponen ekosistem.

 

Kata Kunci: Pengaruh Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Subkonsep Komponen Ekosistem

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI