DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI
PENGARANG:MUHAMMAD TAUFIKURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-25


ABSTRAK

 

Muhammad Taufikurrahman, NIM A1D115025, 2019, Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Selatan Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Sunarno Basuki, Drs, M.Kes, AIFO.(II) Drs. Perdinanto, M.Pd.

                          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik Sekolah Menegah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarmasin ditinjau dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data tes pengukuran, wawancara, dan observasi.

            Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 11 Banjarmasin, SMPN 18 Banjarmasin, dan SMPN 34 Banjarmasin yang berjumlah 300 peserta didik, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik dengan rentang usia 13-15 tahun, yang terdiri dari 15 putra dan 15 putri.

Analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan frekuensi tingkat kesegaran jasmani dengan keseluruhan sampel.

Hasil penelitian diperoleh tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMPN 11 Banjarmasin, SMPN 18 Banjarmasin, dan SMPN 34 Banjarmasin adalah kategori baik sekali (BS) berjumlah 0 peserta didik dengan presentase 0% ; pada kategori baik (B) berjumlah 0 peserta didik dengan presentase 0% ; pada kategori sedang (S) berjumlah 18 peserta didik dengan presentase 60% ; pada kategori kurang (K) berjumlah 10 peserta didik dengan presentase 33,3% ; dan pada kategori kurang sekali (KS) berjumlah 2 peserta didik dengan presentase 6,7%.

Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kesegaraan jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan rentang usia 13-15 tahun pada kategori sedang.

 

Kata Kunci : Analisis, Tingkat, Kesegaran Jasmani, peserta didik sekolah menengah pertama

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI