DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 9 BANJARMASIN PADA PEMBELAJARAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAAN DAN DAUR ULANG LIMBAH MELALUI PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER
PENGARANG:YUSE MINICE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 9 BANJARMASIN PADA PEMBELAJARAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH MELALUI PENERAPANKOMBINASI MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (Oleh: Yuse Minice; Pembimbing: Noorhidayati, Maulana; 2019; 124 Halaman)

 

ABSTRAK

 

 

Aktivitas siswa relatif rendah disebabkan siswa kurang termotivasi dan cenderung bosan untuk belajar karena tidak ada variasi model pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Hasil belajar siswa dibawah KKM yang ditetapkan yaitu ≥65 untuk materi Biologi hanya tercapai sekitar 12 % siswa kelas X MIA 3. PTK sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas yang secara tidak langsung juga berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan (3) mendeskripsikan respon siswa kelas X MIA 3 SMAN 9 Banjarmasin pada konsep Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah melalui penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together. Subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan per siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang diamati meningkat dari siklus I (82,81) ke siklus II (87,16). Hasil belajar kognitif produk yang dinilai melalui posttest meningkat dari siklus I (57,35%) ke siklus II (86,76%). Hasil belajar proses yang dinilai melalui 45% LKPD + 40% Hasil Karya/produk + 15% Skor Kuis NHT meningkat dari siklus I (68,38) ke siklus II (76,94). Hasil belajar afektif perilaku berkarakter yang diamati meningkat dari siklus I (68,63) ke siklus II (85,05). Hasil belajar afektif perilaku sosial yang diamati meningkat dari siklus I (67,40) ke siklus II (83,82). Hasil belajar psikomotor siswa yang diamati meningkat dari siklus I (57,23) ke siklus II (81,12). Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif sebesar 85,29%.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, PTK, Problem Based Learning, Numbered Head Together, Konsep Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI