DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 7 BANJARMASIN PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM KOORDINASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELEJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
PENGARANG:ARTIKA FITRI JAMALUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 6 SMAN7 BANJARMASIN PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM KOORDINASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE  NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Oleh: Artika Fitri Jamaludin ; Pembimbing: Noorhidayati, M. Arsyad; 2019 ; 110 Halaman)

 

ABSTRAK

 

Aktivitas siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 7 Banjarmasin pada pembelajaran konsep Sistem Koordinasi masih tergolong rendah, meskipun hasil belajar siswa sudah sesuai KKM (≥75). Di samping itu, mulai tahun ajaran 2017/2018 diberlakukan kebijakan full day school. Kebijakan ini diduga berdampak pada aktivitas siswa yang cenderung rendah. Guru sudah menerapkan berbagai cara untuk meningkatkan aktivitas siswa. Aktivitas siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. PTK sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas yang secara tidak langsung juga berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan (3) mendeskripsikan respon siswa dan guru biologi kelas XI MIPA 6 SMAN7 Banjarmasin pada konsep Sistem Koordinasi melalui penerapan model pembelajaran Tipe Numbered Head Together(NHT) dan Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian sebanyak 35 orang siswa dengan 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan per siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang diamati meningkat dari siklus I (79,34) ke siklus II (89,79). Hasil belajar kognitif produk yang dinilai melalui postes meningkat dari siklus I (68,75%) ke siklus II (93,94%). Hasil belajar proses yang dinilai melalui 35%LKPD PBL, 35% kuis NHT dan 30% hasil karya/produk meningkat dari siklus I (55,80) ke siklus II (63,46). Hasil belajar afektif perilaku berkarakter yang diamati meningkat dari siklus I (77,41) ke siklus II (90,53). Hasil belajar afektif perilaku sosial yang diamati meningkat dari siklus I (64,72) ke siklus II (89,40). Hasil belajar psikomotor siswa yang diamati meningkat dari siklus I (76,18) ke siklus II (83,72). Respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif masing-masing sebesar 97,24% dan 100%.

 

 

Kata Kunci : Aktivitas siswa, Hasil Belajar, Tipe Numbered Head Together (NHT), Problem Based Learning (PBL), Sistem Koodinasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI