DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KOMPARATIF KUALITAS DAYA INGAT PADA WANITA YANG AKTIF BEROLAHRAGA DAN WANITA YANG TIDAK AKTIF BEROLAHRAGA
PENGARANG:AYLA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


ABSTRAK

 

AYLA MAULIDA, 2016. Studi komparatif kualitas daya ingat pada wanita yang aktif berolahraga dan wanita yang tidak aktif berolahraga. Tesis, Program Studi Magister (S2) Keguruan Olahraga, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd., Pembimbing Pendamping: Dr. Tri Irianto, M.Kes

 

Kata Kunci: Komparatif, Olahraga, Daya Ingat, Wanita.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan perbedaan terhadap daya ingat pada wanita yang aktif berolahraga dan wanita yang tidak aktif berolahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. 

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta dari 2 sanggar senam di Kota Banjarbaru yang berhasil disurvei berjumlah 55 orang yang semuanya di undang untuk berhadir dalam penelitian pendahuluan yaitu tes kebugaran yang bertujuan untuk menentukan siapa saja yang layak dijadikan sebagai sampel kelompok A yakni wanita yang aktif berolahraga dan sampel B yakni wanita yang tidak aktif berolahraga. Dari penelitian pendahuluan ada 44 orang yang bersedia untuk hadir dan setelah dilaksanakan tes maka diperoleh 11 orang yang memenuhi standar kriteria sebagai sampel A, sehingga ditetapkan juga 11 orang untuk menjadi sampel B, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kualitas daya ingat pada wanita yang aktif berolahraga dan wanita yang tidak aktif berolahraga, sesuai dengan kriteria pengujian nilai t0(hitung) sebesar 2.123 > ttabel(20) = 1,72 dengan p-value sebesar 0.046 < 0.05. Besarnya perbedaan rerata atau mean kedua kelompok ditunjukkan pada kolom Mean Difference, yaitu 0,727.

Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan kualitas daya ingat pada wanita yang aktif berolahraga dan wanita yang tidak aktif berolahraga, dimana daya ingat wanita yang aktif berolahraga lebih baik dibandingkan wanita yang tidak aktif berolahraga.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI