DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 9 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:DESSY NOVIYANTI
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2017-12-20


Salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa adalah
komunikasi matematis. Komunikasi matematis berkaitan dengan kemampuan
dalam menyampaikan dan menyatakan informasi, gagasan serta ide-ide yang berisi
tentang matematika. Dengan memiliki kemampuan komunikasi matematis, siswa
dapat menyelesaikan suatu permasalahan matematika berbentuk cerita
(kontekstual) dengan ide-ide yang dimiliki. Namun masih banyak siswa yang tidak
dapat menyelesaikan permasalahan dalam bentuk cerita karena kesulitan dalam
menyatakan ide-ide matematika dalam bentuk tulisan atau simbol matematika
seperti diketahui dan ditanya serta menggambarkan informasi matematika secara
visual dalam gambar. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang diharapkan
dapat menunjang kemampuan komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran
kooperatif tipe TPS merupakan model pembelajaran sederhana dengan tahapantahapan yang memungkinkan untuk mengetahui kemampuan komunikasi
matematis siswa dalam menyelesaikan solusi dari suatu permasalahan berbentuk
cerita atau kontekstual. Diketahui pula bahwa penelitian dengan judul ini belum
pernah diadakan di sekolah tempat penelitian berlangsung. Oleh karena itu,
dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri
dari 8 kelas dengan jumlah seluruhnya 308 siswa. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VII F SMP Negeri 9 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017 dengan
jumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banjarmasin,
untuk aspek menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan serta menggambarkan
secara visual termasuk dalam kualifikasi cukup. Sedangkan untuk aspek
menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematika melalui tulisan serta
aspek menggunakan istilah, notasi matematika, dan struktur-strukturnya untuk
menyajikan ide-ide dan menyelesaikan permasalahan matematika termasuk dalam
kualifikasi kurang.


Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif
tipe TPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI