DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN APLIKASI SCHEMATIC MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI DI KELAS X MIA MAN 1 HULU SUNGAI TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:M ELDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN APLIKASI SCHEMATIC MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PESERTA DIDIK PADA MATERI STOKIOMETRI DI KELAS X MIA MAN 1 HULU SUNGAI TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

(Oleh: Meldawati; Pembimbing: Rilia Iriani, Syahmani; 2019; 144 halaman)

 

 

 

ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran creative problem solving berbantuan aplikasi schematic mind map pada materi stokiometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik (2) perbedaan hasil belajar pengetahuan peserta didik (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pengetahuan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map. Metode  dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group. Sampel penelitian sebanyak 109 peserta didik yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran CPS berbantuan mind mapping dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran CPS (2) terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan peserta didik serta rata-rata hasil belajar sikap dan keterampilan sosial kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map lebih baik dibanding kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran CPS berbantuan mind mapping dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran CPS (3) penggunaan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pengetahuan peserta didik.

 

Kata kunci: creative problem solving, aplikasi schematic mind map, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, stoikiometri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI