DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMANTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN DAN KEBERLANJUTAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 BANJARMASIN TAHUN 2018/2019
PENGARANG:MUHAMMAD REZKY FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


Telah dilakukan penelitian untuk mengimplemantasikan model inkuiriterbimbing (guided inquiry) terhadap penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap analisis penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 26 Banjarmasin, (2) pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 26 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling claroom dilihat dari rata-rata nilai kelas pada hasil Ulangan Akhir Semester (UAS). Pengumpulan data sampel menggunakan tes soal pilihan ganda diawali sebelum dimulai penelitian dilakukan tes pre-test dan diakhir materi dilakukan tes post-test, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik desktiptif, uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dapat mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep dengan hasil yaitu mendapatkan rata-rata sebesar 0,6%, sedangkan penguasaan konsep menggunakan model ekspositori mendapatkan rata-rata sebesar 0,5%. (2) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (quided inquiry) keberlanjutan pemahaman konsep kelompok eksperimen pada data pretest dan posttest mendapatkan hasil total sebesar 4% dengan kriteria kurang sekali menjadi 76% dengan kriteria baik dari 300 total keberlanjutan pemahaman konsep, sedangkan keberlanjutan pemahaman konsep menggunakan model ekspositori kelompok kontrol pada data pretest dan posttest mendapatkan hasil total sebesar 12% dengan kriteria kurang sekali menjadi 21% dengan kategori kurang dari 300 total keberlanjutan pemahaman konsep. (3) Uji T mendapatkan hasil perhitungan T Hitung yaitu 3.14 > T Tabel yaitu 2.00 dengan taraf signifikan 0.05 maka Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan implementasi penguasaan konsep dan keberlanjutan konsep yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan model ekspositori.

 

Kata kunci: Penguasaan Konsep, Keberlanjutan Konsep, Model Inkuri Terbimbing, Model Eskpositori.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI