DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS PADA PEMAIN BOLA VOLI SMA NEGERI 1 ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NGADIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


ABSTRAK

H. NGADIYANA. 2016. Pengaruh Latihan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Servis Atas Pada Pemain Bola Voli SMAN 1 Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis, Program Studi Keguruan Olahraga (S2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd., Pembimbing Pendamping: Dr. Sunarno Basuki, Drs., M. Kes.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Latihan, Koordinasi, Mata, Tangan, Ketepatan, Servis Atas, Bola Voli

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan servis atas pada pemain bola voli SMAN 1 Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain bola voli putra SMA Negeri 1 Angsana berjumlah 24 orang putra dan 16 orang putri. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok perlakukan berjumlah 12 orang dan kelompok kontrol berjumlah 12 orang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.

Hasil penelitian menunjukan bahwa data pretest ketepatan servis atas pada pemain bola voli SMAN 1 Angsana Kabupaten Tanah Bumbu diperoleh rata-rata = 11,83 dengan standar deviasi = 5,540. Pada data posttets ketepatan servis atas pada pemain bola voli SMAN 1 Angsana Kabupaten Tanah Bumbu diperoleh rata-rata = 21,17 dengan standar deviasi = 7,445. Sedangkan diperoleh thitung = 6,642 > ttabel(11;0,025)= 2,201, dengan Sig.(2-tailed) = 0,000; ternyata Sig.(2-tailed) < 0,05 dengan demikian thitung tersebut signifikan. 

Kesimpulannya bahwa ada pengaruh latihan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan servis atas pada pemain bola voli SMAN 1 Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI