DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI HEADSTAND MELALUI PENDEKATAN GERAK DOMINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SUNGAI LANGSAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:DJOKO NUGROHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


ABSTRAK

 

DJOKO NUGROHO, S. Pd. NIM. A2D114005 “Peningkatan Hasil Pembelajaran Senam Lantai Headstand Melalui Pendekatan Gerak Dominan Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sungai Langsat Kabupaten Banjar ”. Tesis Program Study Keguruan Olahraga (S2) FKIP ULM Banjarbaru 2016. Pembimbing : Dr. Tri Irianto, M. Kes Dr, Sunarno Basuki, Drs, M. Kes 

 

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk meningkatkan gerak dasar senam lantai headstand melalui pendekatan gerak dominan pada peserta didik kelas V SDN Sungai Langsat Kabupaten Banjar.

Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek  penelitian ini adalah  peserta didik kelas V di SDN Sungai Langsat Kecamatan Simpang Empat. Tahun  ajaran 2015/2016. Jumlah  peserta didik yang  dijadikan subjek penelitian sebanyak 15 orang  terdiri dari 8 peserta didik putra dan 7 peserta didik putri. 

Hasil penelitian secara keseluruhan pengajaran melalui pendekatan gerak dominan meningkatkan kemampuan peserta didik melakukan gerakan headstand. Pada saat pengamatan awal mendapat nilai 54,58, nilai rata-rata peserta didik dalam melakukan gerakan headstand pada saat siklus I (satu) yaitu 63,33. pada saat siklus II (dua) dilaksanakakan mendapat nilai rata-rata peserta didik yaitu 71,7 dari 15 peserta didik hanya satu orang yangmendapat nilai di bawah KKM 70 sehingga penelitain pembelajaran senam lantai headstand di hentikan pada siklus II(dua). 

Berdasarkan  hasil penelitian ini dapat di simpulkan sebagai berikut : penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terliaht dari pengamatan awal sampai pengamatan akhir (siklus II) terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar pembelajaran senam lantai headstand menggunakan pendekatan gerak dominan pada peserta didik kelas V Di SDN Sungai Langsat Kabupaten Banjar.

 

 

Kata kunci   :  Peningkatan Hasil Belajar , Senam Lantai Headstand, Pendekatan  Gerak Dominan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI