DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN PADA MATERI VERTEBRATA
PENGARANG:MAUIZHATUL AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


ABSTRAK

 

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMAN 4 Banjarmasin pada Materi Vertebrata: (Oleh: Mauizhatul Aulia; Drs. H. Kaspul, M.Si; Drs. H. Mulyadi, M.Si. 2019. 55 halaman)

 

Pembelajaran Materi Vertebrata di SMA Negeri 4 Banjarmasin masih terbiasa menggunakan model pembelajaran kooperatif atau terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang terlatih dalam mengembangkan pola pikir dan kurang terbiasa dalam kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif produk dan kognitif proses, juga mendiskripsikan hasil belajar afektif dan psikomotor serta keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal-soal hasil belajar kognitif produk dan kognitif proses, serta LKPD untuk penilaian keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA) dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh nyata penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kognitif produk dengan nilai sig < 0,05, dengan sumbangan pengaruh sebesar 11,2% dan 7,6% (2) terdapat pengaruh nyata penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kognitif proses dengan nilai sig < 0,05, dengan sumbangan pengaruh sebesar 9,8% dan 10,2% (3) Keterampilan Berpikir Kritis peserta didik secara keseluruhan rata-rata penilaian dalam pembelajaran menunjukkan kategori amat baik.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI