DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penyusunan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Produk Bolu Waluh (Cucurbita Moschata) Di Kalimantan Selatan
PENGARANG:MUTHI SELVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


Waluh kuning (Cucurbita Moshata) merupakan salah satu buah yang dapat ditemui dikalimantan Selatan khususnya daerah Banjarbaru, namun masih terbatas pemanfaatan produk olahannya. Sehingga diperlukan upaya dalam menggunakan buah tersebut. Salah satu contohnya yaitu dengan membuat produk bolu dengan berbahan utama waluh kuning dan menjadikan bisnis oleh-oleh khas Kalimantan Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan inovasi olahan produk dari buah waluh dan menggambarkan secara sistematis model bisnis dalam konsep Business Model Canvas. Berdasarkan hasil kuesioner pada tahap pembuatan bolu waluh kuning tidak terdapat perbedaan tingkat kesukaan dari kedua sampel bolu waluh kuning yang diujikan, sehingga produk bolu waluh kuning yang dipilih untuk di pasarkan yaitu dengan sampel P2 (WK 48% : T 26% : G 26%). Tahap penyusunan model bisnis menggunakan model bisnis canvas yang dilakukan  diBanjarbaru dan mengumpulkan imformasi dari 100 orang responden. Customer Segment: wisatawan, pekerja/pegawai, dan masyarakat Kalimantan Selatan yang melakukan perjalanan. Value Propositios: bolu dengan buah lokal Kalimantan Selatan, menggunakan buah asli tanpa essence, kemasan kertas dengan logo dalam bahasa banjar, lokasi penjualan mudah dijangkau, dan layanan jasa antar dengan jaminan satu jam sampai untuk pelanggan di daerah Banjarbaru. Channels: sentra oleh-oleh, retail, online store, dan delivery order. Customer Relationships: promosi dalam bentuk potongan harga, menyediakan paket keluarga, hubungan dengan konsumen melalui aplikasi atau media sosial serta memberikan pelayanan yang ramah. Revenue Streams: bisnis oleh-oleh ini adalah dari kegiatan penjualan produk bolu waluh sendiri dimana harga jual per satu produknya sebesar Rp. 35.000,-. Key Resources: peralatan produksi, staff produksi produksi, staff penjualan dan staff pemasan. Key Activities: proses produksi sesuai flow chart serta pelayanan yang ramah dan fast respon. Key Partners: supplier waluh kuning, jasa pemesanan online, sentra oleh-oleh, dan retail. Cost Structure: bisnis oleh-oleh bolu waluh terdiri dari biaya pokok produksi bolu waluh, biaya pembuatan kemasan serta biaya untuk keperluan operasional dan promosi sehingga dapat dihitung biaya yang dikelurkan untuk produksi satu biji bolu siap dijual adalah sebesar Rp.35.000,-

Kata Kunci : Bolu waluh kuning, oleh-oleh khas Kalimantan Selatan, Businnes Model Canvas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI