DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E UNTUK MELATIH PENGUASAAN KONSEP DAN KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MARIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-26


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian untuk mengimplikasi model learning cycle 3E terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan implementasi model pembelajaran learning cycle 3E terhadap analisis penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem ekskresi dan penerapannya di SMP Negeri 5 Banjarmasin, (2) perbedaan implementasi model pembelajaran Learning cycle 3E terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem ekskresi dan penerapannya di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data sampel menggunakan tes soal pilihan ganda diawali sebelum dimulai penelitian dilakukan tes pre-test dan diakhir materi dilakukan tes post-test. Teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik desktiptif, uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Dari uji t didapatkan thitung = 2,04, taraf signifikansi (α) = 5% dan ttabel = 2,01. Dengan demikian thitung> ttabel sehingga dapat disimpulkan  ada perbedaan terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 3E dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori) (2) Hasil analisis menunjukkan kelas yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keberlanjutan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: Penguasaan Konsep, Keberlanjutan Konsep, Model Learning Cycle 3E, Model Eskpositori.


IMPLEMENTATION OF LEARNING CYCLE 3E MODEL FOR TRAINING THE CONCEPT AND SUSTAINABILITY CONCEPT OF THE CONCEPT OF STUDENTS IN EXCRESION SYSTEM MATERIALS IN CLASS VIII STATE 5 STATE BANJARMASIN SMP

 (By: Maria Ulfah; Advisor: Maya Istyadji, Sauqina; 2019; 100 pages)

 

ABSTRACT

 

 

Research has been carried out to implicate the 3E learning cycle model on the continued mastery of students' concepts in excretory system material. This study aims to determine (1) differences in the implementation of the 3E learning cycle model on the mastery analysis of students 'concepts in excretory system material and its application in Banjarmasin State Junior High School 5, (2) the difference in the implementation of the 3E Learning cycle learning model on the mastery of students' concepts excretion system material and its application in Banjarmasin State Junior High School 5. This study uses quasi-experimental methods with research design using Non Equivalent Control Group Design. The sample of this study is class VIII C as a control class amounting to 30 people and class VIII D students as an experimental class totaling 27 people. The sampling technique uses purposive sampling. The collection of sample data using the multiple choice test test begins before the study begins with a pre-test test and at the end of the material a post-test test is conducted. The data analysis technique uses desktiptif statistical analysis test, analysis prerequisite test, N-Gain test and statistical hypothesis test (t-test). The results of the study show that (1) From the t test, t count = 2.04, the significance level (α) = 5% and t table = 2.01. Thus tcount> ttable so that it can be concluded there is a difference in the continuity of mastery of the concepts of students who are taught using guided inquiry learning models with students taught using conventional (expository) learning models (2) The analysis results show that the class uses the 3E Learning Cycle learning model the continuity of mastery of concepts is higher than the class that uses the expository learning model.

 

Keywords: Mastery of Concepts, Concept Sustainability, 3E Learning Cycle Model, Expository Model.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI